INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Pemulangan PMIB

80 ORANG PMI BERMASALAH DARI MALAYSIA KEMBALI DI PULANGKAN MELALUI ENTIKONG

BP3TKI Pontianak | Kamis, 16 Mei 2019 - 14:06:17 WIB | dibaca: 471 pembaca

BP3TKI Pontianak kembali menerima 80 orang PMI Bermasalah dari Malaysia. 78 orang diantaranya merupakan hasil deportasi pemerintah Malaysia melalui Jabatan Imigresen Semuja Sarawak dan 2 orang lainnya merupakan PMI hasil repatriasi dari KJRI Kuching. Para PMI Bermasalah ini tiba di PLBN Terpadu Entikong sekitar pukul 11.23 WIB yang selanjutnya dilakukan pendataan oleh BP3TKI Pontianak melalui P4TKI Entikong setelah sebelumnya melewati proses pemeriksaan pihak Imigrasi dan Bea cukai.

Dari hasil pendataan diketahui 70 orang diantaranya merupakan laki - laki dan 10 orang lainnya perempuan. Jika dilihat dari daerah asalnya, sebanyak 36 orang asal Kalimantan Barat, 15 orang asal Jawa Timur, 11 orang asal Sulawesi Selatan, 6 orang asal Nusa Tenggara Timur, 4 orang asal Nusa Tenggara Barat, 4 orang Jawa Barat, 2 orang asal Sumatra Utara, 1 orang asal Jawa Tengah dan 1 orang asal Sulawesi Tenggara.

Setelah dilakukan pendataan sekitar pukul 14.20 WIB, 80 orang PMI Bermasalah diberangkatkan dari Entikong menggunakan bus dan travel yang sudah disiapkan oleh BP3TKI Pontianak menuju Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat yang bertempat di Kota Pontianak untuk selanjutnya dipulangkan ke daerah asalnya masing - masing.

Ditempat terpisah, tim dari BP3TKI Pontianak telah bersiap di kantor Dinas Sosial Prov. Kalimantan Barat untuk menerima kedatangan PMIB dari Entikong dan menyerahkannya kepada petugas Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat. Proses serah terima dilakukan oleh perwakilan BP3TKI Pontianak, Andi Kusuma Irfandi selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan dengan melengkapi Berita Acara Serah Terima sebagai dokumen pelengkap. Tidak lupa, Andi Kusuma memberikan himbauan kepada para PMI Bermasalah agar tidak lagi mengulang kesalahan yang sama yaitu bekerja sebagai PMI Non Prosedural. Dijelaskan pula alur dan prosedur menjadi PMI Aman dengan harapan setelah kembali ke daerah asal, para PMIB dapat  menyebarluaskan informasi  tersebut kepada lingkungan terdekatnya tentang prosedur dan alur bekerja ke luar negeri yang benar.

Maruji Manullang selaku Kepala BP3TKI Pontianak mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin baik diantara instansi – instansi terkait khususnya dalam hal penanganan WNI/ PMI Bermasalah di wilayah Kalimantan Barat.

“Kelancaran dalam pelayanan pemulangan WNI/ PMIB yang melewati Kalimantan Barat selama ini merupakan hasil kerjasama yang baik antar instansi yang terlibat dan harus selalu dijaga dan di tingkatkan. Tidak lupa pula peran serta tim BP3TKI Pontianak maupun P4TKI Entikong yang tetap menjaga kekompakan dan komunikasi yang baik demi optimalisasi pelayanan bagi WNI/ PMI Bermasalah selama ini”, ungkap Maruji dalam keterangan tertulisnya. (RS/PTK)

 



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....