INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

PAP

Awal 2019, Puluhan CPMI Ikuti Pembekalan Akhir Pemberangkatan di BP3TKI Pontianak

BP3TKI Pontianak | Kamis, 17 Januari 2019 - 09:39:09 WIB | dibaca: 673 pembaca

Tahun baru semangatpun baru, begitulah kira-kira ungkapan yang cocok disematkan kepada puluhan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang akan berangkat bekerja ke Malaysia dan Brunei Darussalam. Sebanyak 60 CPMI asal Sambas berangkat ke Malaysia pada Selasa (15/01). Sebelumnya mereka melakukan proses penempatan di LTSA P2TKI Sambas. Sementara sebanyak 12 CPMI yang melakukan proses penempatan di BP3TKI Pontianak akan bekerja di Malaysia dan Brunei Darussalam.

Sebanyak 60 CPMI diberangkatkan oleh PT Mafan Samudera Jaya, 6 CPMI diberangkatkan oleh PT Pancamanah Utama, 5 CPMI diberangkatkan oleh PT Abdillah Putra Tamala, dan 1 CPMI diberangkatkan oleh PT Aad Pratama Karya.

Sebelum mereka berangkat bekerja ke Luar Negeri, BP3TKI Pontianak selalu mengadakan kegiatan Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP). Dalam PAP ini, para CPMI akan dijelaskan mengenai perjanjian kerja,peraturan perundang-undangan negera tujuan penempatan, pengenalan budaya dan adat istiadat negara penempatan, pembinaan mental kepribadian, dan bahaya penyakit menular, narkoba, HIV AIDS.

“Setiap akan berangkat ke Luar negeri, para CPMI akan mendapatkan pembekalan dari instruktur-instruktur kami mengenai banyak hal diantaranya bahaya narkoba dan aturan di negara penempatan. Instruktur kami ini tersebar di BP3TKI Pontianak, P4TKI Sambas, dan P4TKI Entikong,”ujar Maruji Manullang Kepala BP3TKI Pontianak dalam keterangan tertulisnya.

Selain melakukan PAP dengan metode tatap muka atau kelas, semenjak Oktober 2018 BP3TKI Pontianak melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi SIAP PAP. Dengan aplikasi ini, para CPMI akan diberi kemudahan untuk mengetahui materi-materi PAP. Para CPMI hanya perlu medonwload aplikasi ini di play store.  Aplikasi SIAP PAP ini sendiri ada sembilan fitur, seperti materi pembelajaran PAP, jadwal PAP, ruang diskusi, profil instruktur, galery PAP, survei layanan PAP, Maps dan Link Aplikasi.

Sementara itu Deni Wijaya salah satu peserta PAP mengatakan kegiatan PAP ini sangat bagus sekali. Dirinya bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru yang akan diterapkan saat bekerja nanti. Terlebih lagi, saat ini ada aplikasi SIAP PAP yang dapat digunakan bagi para PMI.

Di tahun 2019 ini, BP3TKI Pontianak berkomitmen untuk melakukan pelayanan yang lebih prima ketimbang tahun 2018. Adapun pelayanan-pelayanan yang ada di BP3TKI Pontianak diantaranya pembuatan EKTLN, kegiatan PAP, fasilitasi pemulangan PMI Deportasi/repatriasi, pengaduan PMI.

“Seluruh pegawai BP3TKI Pontianak, P4TKI Sambas, dan P4TKI Entikong selalu siap hadir memberikan pelayanan yang prima kepada para PMI beserta keluarganya,”tutup Maruji.

 

 



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....