INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

G To G Jepang

BNP2TKI Kembali Tawarkan Bekerja di Jepang Bagi Lulusan Keperawatan

BP3TKI Pontianak | Jumat, 08 Februari 2019 - 09:27:39 WIB | dibaca: 902 pembaca

Petugas BP3TKI Pontianak sedang memberikan informasi terkait program G To G Jepang kepada seorang pencari kerja

Tawaran bekerja di Jepang bagi lulusan keperawatan kembali dibuka BNP2TKI. Program yang dikenal dengan sebutan Government To Government ( G To G) ini sudah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 1 Februari sampai 31 Mei 2019. Program ini diperuntukkan untuk kandidat Nurse (Kangoshi) dan Careworker (Kaigofukushishi).

Di wilayah Kalimantan Barat, BP3TKI Pontianak siap memfasilitasi para lulusan keperawatan yang akan mendaftar untuk ikut program G To G Jepang ini. Sebelumnya BP3TKI Pontianak telah mengadakan sosialisasi tentang program G To G ini di beberapa sekolah-sekolah kesehatan yang ada di Pontianak.

Selain itu juga, BP3TKI Pontianak sudah memberitahukan informasi ini kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/ Kota di Kalimantan Barat dan Sekolah Tinggi Keperawatan yang ada di wilayah Kalimantan Barat.

“Untuk tahun lalu ada tujuh orang yang ikut G To G Jepang namun hanya satu orang yang saat ini sedang mengikuti pelatihan bahasa. Kita harapkan tahun ini jumlahnya dapat meningkat. Selain akan menambah pengalaman dan kompetensi, salary yang ditawarkanpun cukup besar,” ujar Maruji Manullang Kepala BP3TKI Pontianak.

Adapun tahapan yang akan ditempuh bagi para peserta program G To G ini adalah pertama daftar online melalui websitehttp://g2g.bnp2tki.go.id. Peserta akan mengisi data diri dan mengupload dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Setelah itu peserta akan mendapatkan form registrasi pendaftaran. Form ini dicetak dan digunakan pada saat penyampaian dokumen-dokumen yang dipersyaratkan di Kantor BP3TKI.

Apabila lulus verifikasi dokumen, calon peserta akan mendapat panggilan via email untuk mengikuti tes kemampuan keperawatan dan psikotes. Setelah itu tahapan yang akan diikuti peserta adalah aptitute tes dan japanese quiz, MCU 1, matching 1 & 2, pelatihan Bahasa Jepang selama 6 bulan di Indonesia dan penandatangan kontrak kerja. Sebelum berangkat ke Jepang, peserta akan melakukan MCU 2 dan Pre Departure Orientation. Sesampainya di Jepang para peserta akan kembali belajar bahasa Jepang selama 6 bulan. Mereka akan bekerja sambil belajar guna mengikuti Ujian Nasional di Jepang.

“Proses ini cukup panjang, para peserta harus mengikuti tahap demi tahap agar bisa berangkat ke Jepang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan datang ke kantor kami BP3TKI Pontianak di Jalan Urai Bawadi No 82 B,”tutup Maruji.

 



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....