INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Pemulangan PMIB

BP3TKI PONTIANAK FASILITASI PEMULANGAN DEPORTASI SEBANYAK 80 ORANG

BP3TKI Pontianak | Kamis, 11 Juli 2019 - 10:32:23 WIB | dibaca: 436 pembaca

Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Imigresen Bekenu, Sarawak, kembali memulangkan Pekerja Migran Indonesia  Bermasalah (PMIB) sebanyak 80 orang pada Rabu (10/07). Para deportan tiba di PLBN Entikong sekitar Pukul 07.30 WIB. Setelah melewati proses Imigrasi dan Bea cukai, Pos Pelayanan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Entikong melakukan pendataan terhadap para deportan di PLBN Entikong.

Dari hasil pendataan diketahui dari 80 orang ini sebanyak 62 orang merupakan laki-laki dan 18 orang perempuan. Jika dilihat dari daerah asalnya, sebanyak 37 orang asal Kalimantan Barat, 21 orang asal Sulawesi Selatan, sembilan berasal dar Jawa Timur, tiga orang asal Jawa Barat, tiga orang asal Banten, dan sisanya berasal  dari Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Barat.

BP3TKI Pontianak melalui unit kerjanya di Entikong yaitu P4TKI Entikong sejauh ini selalu siap menangani pemulangan PMIB. Entikong sebagai kawasan perbatasan dengan Malaysia menjadi pintu masuk pemulangan PMIB baik itu deportasi dari Pemerintah Malaysia maupun Repatriasi  KJRI Kuching.

Berada wilayah perbatasan, membuat BP3TKI Pontianak harus selalu siap menangani pemulangan-pemulangan PMI Bermasalah baik itu deportasi dari Malaysia, repatriasi dari KJRI Kuching, maupun pencegahan dari aparat penegak hukum. Saat ini BP3TKI Pontianak mempunyai tiga helpdesk yang terletak di Bandara Supadio, PLBN Aruk, dan PLBN Entikong.

“Helpdesk kami di pintu perbatasan negara bekerja mulai pukul 05.00 sampai 17.00 WIB. Mereka selalu siap melayani para PMI, baik yang akan berangkat ke luar negeri ataupun yang pulang ke Indonesia. Salah satu layanannya adalah penanganan deportasi dan repatriasi. Para PMIB ini akan difasilitasi pemulangannya ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat,” ujar Delina Haloho Plt. Kepala BP3TKI Pontianak dalam keterangan tertulisnya.

Delina menambahkan pemulangan PMI Bermasalah ini salah satu hasil sinergitas yang selama ini terwujud diantara instansi-instansi terkait seperti KJRI Kuching, BP3TKI Pontianak, Imigrasi, Kepolisian, Bea Cukai, Dinas Sosial ataupun yang lainnya. Semoga sinergitas ini terus terjalin dengan baik.

BP3TKI Pontianak yang tergabung dalam Satgas Penanganan TKI Bermasalah di Kalimantan Barat selama ini menfasilitasi pemulangan PMIB dari Entikong ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat. Selanjutnya Dinsos Kalimantan Barat yang akan memulangkan PMIB ke daerah asalnya.

Sementara itu, jika dilihat dari jumlah pemulangan PMI Bermasalah per semester I Tahun 2019 ini, BP3TKI Pontianak  sudah memfasilitasi 1401 orang yang dipulangkan dari Malaysia. Sebanyak 74 orang merupakan repatriasi KJRI Kuching dan sebanyak 1227 orang merupakan deportasi pemerintah Malaysia. Sisanya dipulangkan dikarenakan sakit, terlantar, meninggal dunia, dan pencegahan.

“Penanganan PMI Bermasalah ini perlu sinergitas antarlembaga. Puji syukur saat ini hubungan kami dengan instansi terkait berjalan dengan baik. Setiap ada pemulangan ataupun permasalahan terkait PMI berjalan dengan lancar karena adanya sinergitas tersebut,”tutup Delina.

 



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....