INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Fasilitasi Pemulangan

BP3TKI Pontianak Fasilitasi Pemulangan PMI Bermasalah Sebanyak 48 Orang

BP3TKI Pontianak | Jumat, 18 Januari 2019 - 09:19:53 WIB | dibaca: 533 pembaca

Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Imigresen Semuja Sarawak kembali memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Bermasalah sebanyak 47 orang pada Kamis (18/01). Selain itu KJRI Kuching juga melakukan repatriasi sebanyak 1 orang. Para PMI Bermasalah ini tiba di PLBN Entikong sekira Pukul 14.00 WIB. Setelah melewati proses Imigrasi dan Bea cukai, BP3TKI Pontianak melalui P4TKI Entikong melakukan pendataan di PLBN Entikong.

Dari hasil pendataan diketahui dari 48 orang ini sebanyak 39 orang merupakan laki-laki dan 9 orang perempuan. Jika dilihat dari daerah asalnya, sebanyak 24 orang asal Kalimantan Barat, 1 orang asal Nusa Tenggara Timur, 10 orang asal Nusa Tenggara Barat, 9 orang asal Jawa Timur, 1 orang asal Sulawesi Selatan, dan 3 orang Jawa Barat.

“Di PLBN Entikong kami mempunyai Helpdesk yang petugasnya selalu siap menangani pemulangan PMI Bermasalah. Pemulangan PMI Bermasalah ini bukan hanya deportasi, namun ada repatriasi atau pemulangan dari KJRI Kuching, PMI terlantar, pencegahan PMI Nonprosedural, PMI Sakit, dan PMI Meninggal dunia, “ ujar Maruji Manullang Kepala BP3TKI Pontianak dalam keterangan tertulisnya.

Setelah didata oleh petugas P4TKI Entikong, pada pukul 16.40 WIB para deportan diberangkatkan ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat. Selanjutnya pihak Dinas Sosial yang akan memulangkan ke daerah asal para deportan.

Maruji menambahkan pemulangan PMI Bermasalah ini salah satu hasil sinergitas yang selama ini terwujud diantara instansi-instansi terkait seperti KJRI Kuching, BP3TKI Pontianak, Imigrasi, Kepolisian, Bea Cukai, Dinas Sosial ataupun yang lainnya. Semoga sinergitas ini terus terjalin dengan baik.

Deportasi pada Kamis ini merupakan deportasi yang kedua kalinya di awal tahun 2019. Sebelumnya pada tanggal 4 Januari 2019 sebanyak 79 PMI Bermasalah telah dipulangkan dari Malaysia yang terdiri dari 74 orang merupakan deportasi dan 5 orang merupakan pemulangan KJRI Kuching.

“Total pemulangan dari Malaysia dalam awal tahun ini berjumlah 127 orang yang terdiri dari 121 orang merupakan deportasi dan 6 orang pemulangan KJRI Kuching.,” tutup Maruji.



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....