INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Fasilitasi Pemulangan

BP3TKI PONTIANAK FASILITASI PEMULANGAN PMI DEPORTASI SEBANYAK 120 ORANG

BP3TKI Pontianak | Jumat, 26 Oktober 2018 - 10:42:56 WIB | dibaca: 598 pembaca

Jelang tutup Tahun 2018 Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Imigresen Bekenu Sarawak kembali memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Bermasalah sebanyak 120 orang pada Kamis (25/10). Para deportan tiba di PLBN Entikong sekira Pukul 11.00 WIB. Setelah melewati proses Imigrasi dan Bea Cukai di PLBN Entikong, Pos Pelayanan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Entikong melakukan pendataan terhadap para deportan.

Pada Pukul 14.00 para deportan berangkat menuju Pontianak dengan menggunakan empat buah bus dan 1 travel.

Dari hasil pendataan diketahui dari 120 orang ini sebanyak 73 orang merupakan laki-laki dan 44 orang perempuan. Selain itu terdapat 3 anak-anak yang dibawa orangtuanya bekerja ke Malaysia. Jika dilihat dari daerah asalnya, sebanyak 26 orang asal Kalimantan Barat, 41 orang asal Nusa Tenggara Barat, 34 orang asal Sulawesi Selatan, dan sisanya tersebar dari beberapa wilayah di Pulau Jawa.

“Di PLBN Entikong kami mempunyai Helpdesk yang petugasnya selalu siap menangani pemulangan PMI Bermasalah. Pemulangan PMI Bermasalah ini bukan hanya deportasi, namun ada repatriasi atau pemulangan dari KJRI Kuching, PMI terlantar, pencegahan PMI Nonprosedural, PMI Sakit, dan PMI Meninggal dunia, “ ujar Maruji Manullang Kepala BP3TKI Pontianak dalam keterangan tertulisnya.

Maruji menambahkan pemulangan PMI Bermasalah ini salah satu hasil sinergitas yang selama ini terwujud diantara instansi-instansi terkait seperti KJRI Kuching, BP3TKI Pontianak, Imigrasi, Kepolisian, Bea Cukai, Dinas Sosial ataupun yang lainnya. Semoga sinergitas ini terus terjalin dengan baik.

Setelah menempuh perjalanan selama 6 jam, rombongan deportan tiba di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat pada Pukul 20.30 WIB. Para deportan diserahterimakan oleh Andi Kusuma Irfandi selaku Kepala Seksi Perlindungan BP3TKI Pontianak kepada Wijianto selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam setiap pemulangan PMIB deportasi pemerintah Malaysia, BP3TKI Pontianak bertugas memfasilitasi keberangkatan para deportan dari PLBN Entikong ke Dinas Sosial Kalimantan Barat. Selanjutnya pihak Dinas Sosial Kalimantan Barat akan memulangkan para deportan ke daerah asalnya.

 “Total pemulangan hari ini jumlahnya cukup banyak. Selain itu juga terdapat satu bayi yang masih berusia 3 bulan. Kita harapkan proses pemulangan ke daerah asalnya berlangsung lancar, karena mereka ini sudah menempuh perjalanan yang sangat panjang,” kata Maruji.

Sementara itu jika dilihat dari data BP3TKI Pontianak, pemulangan PMIB yang dideportasi Pemerintah Malaysia hingga saat ini berjumlah 1646 orang. Sebanyak 704 orang berasal dari Kalimantan Barat dan 942 orang dari luar Kalimantan Barat.

Untuk mengurangi pemulangan PMI Bermasalah ini, BP3TKI Pontianak tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi penempatan dan pelindungan PMI di berbagai wilayah di Kalimantan Barat.

“Wilayah Kalbar yang cukup luas menjadi tantangan kita untuk melakukan sosialisasi tata cara bekerja ke luar negeri dengan benar. Namun demikian kita terus berupaya menyebarluaskan informasi ini ke masyarakat di Kalbar. Selain sosialiasi, kami juga mempunyai media sosial yang dapat dijadikan media untuk memberikan informasi ke khalayak umum,”tutup Maruji.



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....