INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Sosialisasi Kelembagaan

BP3TKI Pontianak Ikuti Raimuna Daerah Kalimantan Barat 2018 di Kota Singkawang

BP3TKI Pontianak | Senin, 05 November 2018 - 10:54:58 WIB | dibaca: 606 pembaca

Guna menyebarluaskan informasi penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), BP3TKI Pontianak secara intensif melakukan sosialisasi-sosialisasi terhadap lapisan masyarakat yang ada di wilayah Kalimantan Barat. Berbagai macam kegiatan telah diikuti seperti job fair, sosialisasi di sekolah-sekolah, sosialisasi di daerah perbatasan Indonesia Malaysia, dan mengikuti talkshow di media elektronik.

Pada Rabu hingga Minggu (31/10-04/11)  BP3TKI Pontianak mengikuti Raimuna Daerah Kalimantan Barat 2018 yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat di Bumi Perkemahan Palm Beach Kota Singkawang. Raimuna merupakan pertemuan anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan. Sebanyak 700 anggota Pramuka yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat mengikuti acara perkemahan ini.

Ikut sertanya BP3TKI Pontianak dalam acara ini sebagai tindak lanjut Perjanjian Kerjasama antara BP3TKI Pontianak dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat. Sebelumnya pada 6 Februari 2018 telah ditandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang penyebarluasan informasi program penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia melalui peran Gerakan Pramuka.

“Luasnya wilayah Kalimantan Barat ini membuat kami harus menjalin sinergitas dengan lembaga lain untuk penyebaran informasi tentang penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Salah satunya kita menjalin kerjasama dengan Pramuka, Pramuka ini mempunyai jaringan yang luas dan kuat,”ujar Maruji Manullang Kepala BP3TKI Pontianak dalam keterangan tertulisnya.

Dalam perkemahaan ini, setiap anggota Pramuka diwajibkan mendatangi semua stand guna mencari wawasan yang dapat diaplikasikan di lingkungannya. Tercatat beberapa instansi membuka stand dalam acara ini diantaranya Bawaslu, BPOM, Kepolisian, TNI, dan lainnya.

Selama lima hari pergelaran kemah ini, petugas BP3TKI Pontianak sangat antusias dalam memberikan penjelasan-penjelasan terkait penempatan dan pelindungan PMI kepada para Anggota Pramuka. Selain itu juga, para petugas membagikan brosur-brosur dan memberikan kuis-kuis berhadiah kepada para Anggota Pramuka.

Arif salah satu Anggota Pramuka dari Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan dirinya berterimakasih sudah diberi wawasan tentang penempatan dan pelindungan PMI. Dirinya mengaku di terdapat beberapa saudaranya bekerja di Malaysia, hal ini dikarenakan Kapuas Hulu merupakan wilayah perbatasan Indonesia Malaysia.

“Dengan adanya informasi ini, saya dapat memberikan penjelasan kepada saudara-saudara saya tentang tata cara bekerja yang benar ke Malaysia,”ujar Arif.

“Kami berharap para Anggota Pramuka ini dapat menjadi agen informasi terkait penempatan dan pelindungan PMI. Dengan demikian semakin banyaknya masyarakat Kalimantan Barat yang mengerti bagaimana caranya bekerja ke luar negeri sesuai prosedur yang benar,”tutup Maruji.



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....