INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

PAP

BP3TKI Pontianak Launching Aplikasi SIAP PAP

BP3TKI Pontianak | Jumat, 26 Oktober 2018 - 14:51:27 WIB | dibaca: 717 pembaca

BP3TKI Pontianak melakukan launching aplikasi layanan bagi calon PMI/ PMI di gedung Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) di LTSA P2TKI Sambas pada Kamis, 25 Oktober 2018. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelaksanaan kegiatan PAP tehadap 37 calon PMI yang akan berangkat ke Sarawak, Malaysia dengan difasilitasi penempatannya oleh PT. Mafan Samudera Jaya.

Kepala BP3TKI Pontianak Maruji Manullang mengatakan peluncuran Aplikasi SIAP PAP adalah sebuah terobosan BP3TKI Pontianak dalam pelayanan terhadap calon PMI/ PMI di Kalimantan Barat. Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada calon PMI/ PMI yang ingin mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bekerja ke luar negeri dan materi-materi pembekalan lainnya. Kalau selama ini, CPMI/ PMI yang masuk ke kelas PAP belum mengetahui apa saja yang akan diberikan pada saat PAP, maka kita mencoba menggunakan satu aplikasi yang namanya SIAP PAP untuk mengakses itu semua. Aplikasi ini bisa dengan mudah didownload di Google Play Store.

Dalam kesempatan tersebut, Maruji berpesan kepada CPMI/ PMI bahwa nanti mereka yang bekerja di negara orang, pada saat keberangkatan kesana dan selama berada disana akan ada resiko. Apa resikonya? Resikonya adalah meninggalkan keluarga dengan waktu tertentu dan cukup lama. Oleh karenanya ia meminta agar PMI bekerja dengan baik dan jangan macam-macam selama berada di luar negeri. Untuk itu, BP3TKI Pontianak akan memberi pembekalan mengenai penggunaan aplikasi SIAP PAP. Yang kemudian juga akan ada fitur pelaporan bagi yang menemukan kendala selama bekerja di luar negeri.

Sementara itu, Kasi Penyiapan Penempatan BP3TKI Pontianak As Syafii yang juga pengagas Aplikasi SIAP PAP mengatakan hadirnya aplikasi SIAP PAP adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada calon PMI maupun PMI secara khusus bagi mereka yang akan mengikuti PAP. Aplikasi SIAP PAP itu sendiri ada sembilan fitur, seperti materi pembelajaran PAP, jadwal PAP, ruang diskusi, profil instruktur, galery PAP, survei layanan PAP, Maps dan Link Aplikasi. Adanya aplikasi ini maka ia mengklaim akan mempermudah para CPMI/ PMI dan akan membuat PMI lebih siap untuk bekerja ke luar negeri.  

Acara yang turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Sambas, Uray Tajudin dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sambas, Zainal Abidin mengapresiasi pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah melalui LTSA P2TKI Sambas dan menyambut baik adanya inovasi layanan berupa aplikasi SIAP PAP. Pada kesempatan tersebut Sekda Kab. Sambas juga melepas keberangkatan PMI ke luar negeri secara simbolis.

Sebagai informasi bahwa Kabupaten Sambas merupakan kabupaten terbanyak dalam penempatan PMI ke luar negeri di Propinsi Kalimantan Barat. Periode Januari – September 2018 jumlah penempatan BP3TKI Pontianak mencapai 1.077 orang dimana 892 orang diantaranya berasal dari Kabupaten Sambas.



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....