INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Layanan Prima

BP3TKI Pontianak Raih Penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

BP3TKI Pontianak | Rabu, 11 Desember 2019 - 08:39:16 WIB | dibaca: 355 pembaca

BP3TKI Pontianak meraih penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penghargaan ini diberikan langsung oleh Tjahjo Kumolo selaku Mentri PAN RB di Hotel Bidakara Jakarta pada Selasa (10/12).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kementrian PANRB terhadap unit kerja yang berkomitmen melakukan pembangunan Zona Integritas dan percepatan implementasi reformasi birokrasi. Pembangunan Zona Intergritas sendiri bertujuan agar pemerintahan berjalan efektif dan efisien, bersih dan akuntabel, serta pelayanan publik yang baik.

“Sejak dicanangkan pada 2017, BP3TKI Pontianak melakukan segenap perubahan dan inovasi dalam rangka pembangunan Zona Intergitas. Penghargaan ini juga wujud kerja keras seluruh pegawai BP3TKI Pontianak dan Kepala BP3TKI Pontianak periode 2017 hingga 2019”, ujar Erwin Rachmat Kepala BP3TKI Pontianak dalam keterangan tertulisnya.

Dalam proses meraih penghargaan ini, sejak 2017 BP3TKI Pontianak berusaha untuk melengkapi lembar kerja evaluasi yang meliputi enam area perubahan yakni Manajemen perubahan, Penataan tata laksana, Penataan sistem manajemn SDM, Penguatan akuntabilitas, Penguatan pengawasan, dan Peningkatan kualitas pelayanan publik.

Erwin menambahkan dalam area manajemen perubahan BP3TKI Pontianak melaksanakan perubahan seluruh komponen organisasi untuk bersiap melakukan perubahan, kemudian memasang berbagai poster dan banner terkait budaya kerja di setiap sudut kantor BP3TKI Pontianak. Dalam area penataan tata laksana, BP3TKI Pontianak membuat dan melaksanakan SOP yang sesuai dengan bisnis proses BNP2TKI dalam penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

BP3TKI Pontianak juga telah melakukan penataan sistem manajemen SDM dengan cara membuat perencanaan kebutuhan pegawai, mutasi antarjabatan, dan melakukan penilaian terhadap kinerja individu. Sementara itu dalam area penguatan akuntabilitas, BP3TKI Pontianak telah melakukan perencanaan yang beroreintasi pada hasil.

Guna melakukan pengawasan terhadap kinerjanya, BP3TKI Pontianak telah membuat tim untuk melaksanakan pengendalian gratifikasi, penerapan SPIP, pengaduan masyarakat, dan whistle blowing system.

Sementara itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, BP3TKI Pontianak telah melakukan berbagai hal diantaranya dilakukannya pelayanan budaya prima, pelayanan mudah diakses dengan berbagai media, dan terdapat inovasi pelayanan.

 

Selain itu pula, BP3TKI Pontianak melakukan inovasi sarana dan prasarana kantor seperti ruangan laktasi, pelayanan ramah difabel, mesin antrian elektronik, survei kepuasan elektronik, website www.bp3tkipontianak.com, dan media sosial.

Proses mendapatkan penghargaan ini tidaklah mudah, selain mempersiapakan enam area perubahan, dilakukan juga survei oleh BPS terkait kepuasan masyarakat atas pelayanan publik dan indeks persepsi korupsi. Tim Kemenpan RB pun telah melakukan kunjungan langsung guna memastikan apa yang disampaikan ketika Tim BP3TKI Pontianak melakukan paparan di hadapan Tim Kemenpan RB.

“Dengan penghargaan ini, seluruh pegawai BP3TKI Pontianak harus lebih bersemangat dan berinovasi dalam memberikan layanan kepada PMI dan keluarganya guna pelayanan prima,”tutup Erwin. (aa/bp3pnk)

 

 



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....