INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Sinergitas Antarlembaga

BP3TKI Pontianak Terima Kunjungan Kepala Kancab BPJS Keteagakerjaan Pontianak

BP3TKI Pontianak | Kamis, 18 Juli 2019 - 14:25:21 WIB | dibaca: 497 pembaca

Guna meningkatkan sinergitas antarlembaga terkait penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Kamis (18/07) BP3TKI Pontianak menerima kunjungan kerja Andry Rubiantara Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pontianak. Dalam pertemuan ini , Kepala BP3TKI Pontianak diwakili oleh As Syafii selaku Kepala Seksi Penyiapan Penempatan BP3TKI Pontianak dan Andi Kusuma Irfandi selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Pontianak.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan cair ini membahas tentang sinergitas antarlembaga. Terlebih lagi saat ini BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu lembaga yang melayani Pekerja Migran Indonesia. Di wilayah Kalimantan Barat, BPJS Ketenagakerjaan turut serta dalam proses penempatan dan pelindungan yang saat ini berada di LTSA Sambas dan LTSA Entikong.

“Maksud kedatangan kami ini sebagai wujud sinergitas antarlembaga sekaligus silaturahim karena saya sebagai orang baru di BPJS Ketenagakerjaan Pontianak,”ujar Andry.

Saat ini layanan BPJS Ketenagakerjaan terhadap PMI meliputi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Ada delapan resiko yang dijamin BPJS Ketenagakerjaan diantaranya resiko kematian, resiko sakit akibat kecelakaan kerja.

Andry menambahkan kedepannya pihaknya ingin sinergi yang sudah terjalin lebih ditingkatkan lagi. Terlebih lagi Kalimantan Barat merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia. Masih banyaknya PMI yang bekerja secara ilegal di Serawak diharapkan dapat menjadi PMI yang resmi dan memiliki jaminan sosial.

Sementara itu As Syafii mengatakan selama ini di Kalimantan Barat jalinan kerjasama antarlembaga sudah sangat baik dalam penempatan dan pelindungan PMI. BPJS Ketenagakerjaan saat ini sudah bergabung di LTSA Sambas dan LTSA Entikong. Hal ini sangat membantu para PMI dalam proses bekerja ke luar negeri.

Menurut data BP3TKI Pontianak, di LTSA Entikong dalam kurun waktu Semester I Tahun 2019 ini BPJS Ketenagakerjaan sudah melayani 17 PMI yang mengikuti program jaminan sosial. Sementara di LTSA Sambas dalam kurun waktu yang sama, sudah 670 PMI yang mengikuti program jaminan sosial dan sebanyak 130 PMI mengikuti program jaminan sosial di BP3TKI Pontianak.

 



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....