INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

Kunjungan Kerja

Deputi Perlindungan BNP2TKI Lakukan Kunjungan Kerja ke Kalimantan Barat

BP3TKI Pontianak | Senin, 18 November 2019 - 08:20:42 WIB | dibaca: 369 pembaca

Deputi Perlindungan BNP2TKI Anjar Prihantoro melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat pada Rabu-Jumat (13-15/11). Turut medampingi, Rahwantya Ari Susanto selaku Kabid Sistem Informasi BNP2TKI, dan sejumlah staf.

Dalam kunker ini, Anjar beserta tim melakukan sejumlah kegiatan diantaranya melakukan pertemuan dengan seluruh pegawai BP3TKI Pontianak, monitoring dan evaluasi sistem kepulangan online, dan meninjau PLBN Entikong untuk melihat langsung proses deportasi yang dilakukan Pemerintah Malaysia.

Di hari pertama kunjungan, Anjar melakukan pertemuan dengan Erwin Rachmat selaku Kepala BP3TKI Pontianak, Pejabat Eselon IV BP3TKI Pontianak, dan seluruh staff di lingkungan BP3TKI Pontianak. Selain itu juga dilakukan teleconference dengan P4TKI Entikong dan P4TKI Sambas.

Dalam pertemuan ini dibahas beberapa hal terkait penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Selain itu juga Anjar mengharapkan kepada para pegawai untuk terus membaca dan belajar untuk mengembangkan dirinya agar dapat menyesuaikan dengan tuntutan zaman.

“Pelajari dan belajar terus semua peraturan yang ada terkait penempatan dan pelindungan PMI. UU No 18 Tahun 2017 dan Permenaker No. 9 Tahun 2019. Kunci penempatan dan pelindungan PMI ada disitu semua,”ujara Anjar.

Selain itu pula dibahas terkait betapa pentingnya masalah perlindungan dalam proses penempatan PMI. Konsep awal dari perlindungan adalah dokumen pribadi. Dengan data diri yang benar, PMI sudah terlindungi. Konsep ini sejalan dengan UU No 18 Tahun 2017 yakni dilibatkannya Pemerintah Desa dalam proses penempatan dan pelindungan PMI. Pemenrintah Desa lah yang mengetahui secara pasti tentang identitas diri warganya.

Bukan hanya perlindungan awal yang menjadi fokus BNP2TKI, BN2PTKI juga melakukan perlindungan di akhir berupa kegiatan pemberdayaan terhadap PMI yang sudah kembali ke kampungnya setelah bekerja di negeri orang.

Anjar mengatakan saat ini BNP2TKI terus menjalin koordinasi dan sinergitas dengan lembaga lain untuk melakukan kegiatan pemberdayaan terhadap PMI Purna. Tercatat saat ini kita sudah menjalin dengan instansi lain seperti Bank Indonesia, OJK, dan Pegadaian.

Bahkan baru-baru ini yakni pada September 2019, PT Pegadaian bersama BP3TKI Pontianak melakukan upgrading skill terhadap lima puluh PMI Purna yang ada di wilayah Kalimantan Barat. Para PMI Purna ini diberi pelatihan dalam peningkatan kapasitas dalam memperbaiki alat-alat elektronik seperti AC.

Di hari kedua kunjungan, Tim melakukan kunjungan ke PLBN Entikong untuk memantau deportasi yang dilakukan oleh Pemerintah Malaysia. Selain itu pula, tim melakukan monitoring dan evaluasi Siskotkln Kepulangan di P4TKI Entikong. Dalam kesempatan ini, terdapat dua gelombang deportasi yakni pada pagi dan sore hari.

Di pagi hari, sebanyak 73 PMI Bermasalah pada Pukul 10.00 tiba di perbatasan Indonesia Malaysia. Mereka terdiri dari 56 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Adapun kasus dipulangkannya para PMI ini adalah tidak memiliki izin kerja sebanyak 43 orang, tidak memiliki paspor sebanyak 20 orang, narkoba sebanyak 5 orang, kabur dari majikan sebanyak 3 orang, judi online sebanyak 1 orang, dan tindak kriminal sebanyak 1 orang.

Sementara itu dihari yang sama pada Pukul 14.32 sebanyak 58 orang tiba di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Mereka terdiri dari 44 orang laki-laki dan 14 orang perempuan dengan kasus tidak memiliki izin kerja sebanyak 45 orang, izin kerja kadaluarsa sebanyak 8 orang, dan 5 orang tidak memiliki paspor.

Para PMI Bermasalah ini dilakukan pendataan oleh petugas P4TKI Entikong, setelah dilakukan pendataan, mereka difasilitasi pemulangan ke Dinas Sosial Kalimantan Barat. Selanjutnya Dinas Sosial akan memulangkan para deportan ke daerah asalnya.

“Pendataan menjadi sangat penting untuk dilakukan, karena data yang akurat akan menghasilkan kebijakan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”tutup Anjar. (aa/bp3pnk)



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....