INFORMASI BP3TKI PONTIANAK

P4TKI Sambas

Kepala BP3TKI Pontianak Lepas 107 PMI Asal Sambas ke Malaysia

BP3TKI Pontianak | Jumat, 21 September 2018 - 08:32:24 WIB | dibaca: 556 pembaca

Kepala BP3TKI Pontianak Maruji Manullang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas pada Selasa hingga Kamis (18-20/09). Salah satu agendanya adalah melepas keberangkatan 107 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Sambas pada Kamis (20/09) di LTSA P2TKLN Sambas..

Turut hadir dalam pelepasan PMI ini, Binmas Polres Sambas, Kepala BLK Kab. Sambas dan Koordinator P4TKI Sambas.

“Saya berharap agar Bapak Ibu dapat bekerja dengan tekun, fokus dan bersungguh-sungguh dalam memenuhi kewajiban bekerja. Penghasilan yang didapat agar dimanfaatkan dengan maksimal untuk kesejahteraan keluarga dan hindari pola konsumtif,”ujar Maruji.

Selain itu juga, Maruji menambahkan agar para PMI ini untuk dapat mentaati aturan dan perundang-undangan yang ada di negara tujuan yakni Malaysia.

PMI yang akan bekerja di di Shinyang Plywood Bintulu dan Miri ini melakukan semua proses keberangkatan di LTSA P2TKLN Sambas. Data statistik yang dihimpun dari P4TKI Sambas menunjukkan selama kurun waktu Januari hingga 20 September LTSA P2TKLN Sambas sudah memproses sebanyak 861 PMI yang berangkat ke Malaysia.Kedepannya diharapkan lebih banyak lagi warga Sambas yang melakukan proses keberangkatan bekerja ke luar negeri  di LTSA P2TKLN Sambas.

Salah satu upaya yang dilakukan BP3TKI Pontianak dan P4TKI Sambas untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai tata cara penempatan dan pelindungan PMI adalah melakukan sosialisasi ke kantung-kantung PMI dan daerah perbatasan yang ada di diwilayah Kabupaten Sambas. Selain itu pula, dalam sosialisasi selalu diinformasikan keberadaan LTSA P2TKLN Sambas.

Hal inilah yang dilakukan oleh P4TKI Sambas pada Rabu (19/09) bertempat di Aula Kantor Camat Galing Kabupaten Sambas. P4TKI Sambas melakukan sosialisasi penempatan dan pelindungan PMI dengan peserta para Kepala Desa, Kepala Dusun, Anggota BPD, Tokoh Masyarakat yang ada di Kecamatan Galing.

Turut hadir dalam acara ini Kepala BP3TKI Pontianak Maruji Manullang, Camat Galing H. Aspian, Koordinator P4TKI Sambas Roni Firman Ramdani, Kasi Insarkom Kanim Kelas II Sambas dan Komandan Koramil Galing.

Kecamatan Galing menjadi sasaran kegiatan ini karena lokasinya berada  tidak jauh dari pintu perbatasan Indonesia – Malaysia yakni PLBN Aruk. Kondisi geografis tersebut membuat warga Galing relatif besar jumlahnya yg bekerja ke Malaysia dengan menggunakan pola migrasi tradisional.

 



INFORMASI BP3TKI PONTIANAK LAINYA .....